Selasa, 08 November 2011

Cara Mudah Membuat Sushi Salmon Roll !

Heyyy , I finally could make a japanese food that I like the most ^^ Sushi salmon roll ! 

Sebenarnya resepnya sangat mudah dan cara membuatnya juga ga terlalu susah, hanya membutuhkan sedikit kesabaran dan ketangkasan dalam memasak -_- hahaha yea check diz awt!

First of all, gue sangat menggemari sushi tapi yang gue tau cuma cara ngonsumsi-nya doang, gue gatau cara bikinnya , pathetic TT, dan! tiba-tiba gue ngebet banget pengen bikin sushi roll , gue kayak orang geje nge save2 foto sushi salmon roll yang dimasak dalam berbagai macam bahan yg rumit, dan pastinya ilmu gue belom nyampe sana cin, gue akhirnya berencana untuk membuat yang paling mudah , yaitu Nama Sake Roll ! 

Gue sempet bingung enaknya beli dimana alat dan bahannya, gue tau di Plaza Senayan Food Hall disana lengkap alat dan bahan buat bikin sushi, tapi agak sedikit jauh dari rumah gue, dan bokap lg males pergi jauh )': . Akhirnya sabtu malem saking ngebetnya gue nitip beli peralatan dan bahan sushi di Gelael Tebet. Tapi disana cuma ada nori(rumput laut) yg udh dipotong kecil2, saking ngebetnya gue beli aja bodo amat nantinya gimana. Besoknya gue Hero Gatsu, yang sekarang kualitas makanannya udah Standar Internasional, ayea! disana lengkap! gue beli semua yg gue butuh tp gue nyesel parah buru2 beli nori di gelael, karna pake nori kecil itu buatnya jadi 3x lipat lebih susah DX

Bahan-bahannya are quite expensive , yah gimana lagi ya for the love of sushi gue rela membeli semua ini(ya pake duit bokap sih soalnya)
*klik foto untuk memperbesar gambar* 
Ini bahan utama yang dibutuhkan, karena gue akan membuat resep termudah dari keluarga sushi roll, jadi isinya salmon aja hehe^^. 
 Bahan(ala gue):
 1. Sushi rice 
 2. Original Mayonaise
 3. Tikar untuk menggulung sushi
 4. Soy Sauce merk Kikkoman
 5. Sushinori/roasted seaweed (jangan beli yg udah dipotong kecil-kecil! apalagi buat seorang awam kayak gue itu malah memperepot seriously)
 6. Fresh salmon
 7. garam, gula, dan cuka 

Gue emang gamau ribet2 banget so inilah yang gue punya :p kekeke

1. Masak beras seperti layaknya memasak nasi, tapi berhubung rice cooker gue lagi dipake untuk masak nasi Indonesia jadi gue memakai cara tradisional untuk masak nasi :') (ga terlalu tradisional juga sih)

Ini namanya meng kukus nasi secara ribet, sebelumnya beras dimasukkin ke panci kecil diisi air secukupnya , dimasak di api yg kecil aja sambil diaduk2 15 menit, itu sungguh melelahkan, abis itu baru deh dikukus seperti ini selama 30-40 menitan di alat khusus meng kukus makanan dan di taro di atas penggorengan yg berisi air ini :)


tadaaaaa!!! akhirnya selesai memasak nasi T_T
 2. Taro nasi ditempat yg cukup lebar contohnya baskom, kemudian diaduk-aduk supaya cepet adem nasinya

3. aduk nasi sambil masukkin : 5 sdm cuka, 4 sdm gula pasir, garam 1/2 sdt 
u c dat sprinkle-sprinkel diatas butiran nasi nya? itu adalah gula, cuka dan garam yg telah gue campur disana tapi belom gue aduk. Gue ga menggunakan gula cair ato apalah itu, Im not professional, jadi gue hanya menggunakan bahan2 yang ada saja :)

eh ada gue disitu lagi ngaduk -,- dan mba Aten sebagai cameo yg buram wkwkwk , bener2 deh muka lagi ga yahud abis pas disini-_-
          Ini adalah nasi putih terenak yang pernah gue coba. Guna dikasih gula cuka dan garam adalah untuk memberi rasa lebih dari nasi putih itu tersebut saat dimakan dan supaya ga lengket saat kita ngolesin nasinya di seaweed nya ,karna kalo ga nasinya itu superr lengket.



taro seaweed diatas tikar gulungnya seperti inilah kira-kira jangan terlalu ketengah juga supaya nanti pas gulungnya ga susah, boleh taro seaweed ditengah2 tp pake tikar yang lebih gedean lagi dari ini , contoh tiker mesjid(wtf)

sambil menunggu nasi mendingin dan setelah menyusun seaweednya diatas tikar, kita potong tipis dulu salmonnya, atau isinya (sesuai selera), mau isinya biji kacang ijo kalo suka juga boleh. Dan jangan memotong salmon sebesar ini-_- harap maklum yg bikin cinta berat sama salmon jadi dipotong sebesar ini huehehe n_n


 4. Taro nasi diatas seaweed. Nasi jangan memenuhi seaweednya, apalagi kalo beli seaweed yang kecil begini, yeah forgive my mistakes :))

5. Olesin rata original mayonaise diatas nasi nya. Ga pake mayo sebenernya juga gapapa tapi ini cuma menambah sedikit rasa aja :)


6. Naah taro isinya, alias salmon, ditengah-tengah nasinya. 

7. Gulung sushi bersama tikar untuk mendapatkan hasil yang bagus. 
Gulungnya harus pake kedua tangan dan harus pake tenaga yang kuat supaya ga berantakan nantinya. Ini gue pake 2 tangan juga sebenernya, berhubung laga gue gede, tangan gue yg satu megang kamera untuk mengabadikan moment gulung menggulung ini hehehe =) 


 nah jadinya seperti yang diatas ini ga begitu rapi karna sekali lagi gue menyesal telah membeli seaweed yang udah dipotong kecil2 ini T_T , padahal bisa lebih rapi lagi kalo beli seaweed yang panjang 

8. Potong gulungan sushi menjadi kecil-kecil dengan pisau yang aktual tajam dan terpercaya. Karna ga gampang motong sushi itu
anda liat tuh yang disana? iya 2 gulungan sushi yang disana itu adalah contoh gagal-_-. duuh berantakan banget gue bikinnya, maklum yah pemirsah saya anak awam dalam memasak ^^;
 9. Sajikan di tempat yang cihuy bersama soy sauce nya supaya tambah sedap , ditambah wasabi juga boleh, tergantung selera aja :)

Hasil sushi hari ke - 1

 Hasil sushi hari ke - 2
sebenernya yang ini udah rapi tapi gue bikin dari gulungan yang kecil sampe ke gede hehehe ternyata hasilnya tidak begitu cantik-_-"
liat yg bagian paling kiri. Itu hasil kebrutalitian gue dalam memotong salmonnya-_-setdah nasinya aja ampe ga keliatan
well this is it! Sushi Salmon Roll / Nama Sake Salmon Roll ala Addina Naufalia Hanifanti :p

Ya, gue tau ini masih sangat amat berantakan. Mungkin someday gue akan mengupload foto sushi bikinan gue dengan tampilan yang lebih bagus lagi, I wish :')

Resep asli dari Yahoo! Answer:

Bahan untuk membuat:
▪sushi rice merk nishiki
▪cuka khusus sushi merk Mitsukan
▪soy sauce merk Kikkoman
▪sushinori/roasted seaweed
▪washabi >> pasta/powder
▪pickled ginger >> acar jahe
▪tiker untuk menggulung sushi roll
▪garam dan gula secukupnya

Bahan isi :
▪Ikan Salmon mentah
▪Ikan Mackarel (dasui shimei saba)
▪Crab stick
▪Tamago ( telur dadar)
▪Ketimun Jepang
▪Sakura denbu (sweetened pink fishflake/ground seasoned Codfish)

Cara membuat :

-sushi roll-
■masak nasi 1 1/2 cup (ikuti saja instruction nya di kantong beras), di rice cooker sampai matang,kalau sudah matang di taruh di wadah yg lebar biar nasi cepat dingin, sambil diaduk supaya tidak lengket
■aduk dalam cangkir kecil : 5 sdm cuka, 4 sdm gula pasir, garam 1/2 sdt
■tuang isi dicangkir ke dalam nasi, aduk rata, diamkan sampai dingin..
■siapkan tatakan tikar , ambil 1 lembar seaweed, taruh bagian kasar di atas (untuk bagian dalam sushi)
■ambil nasi secukupnya di atas seaweed, di ratakan sampai selebar seaweed, kalau sudah rata nasinya susun isinya, tergantung selera apa saja yg mau di masukkan
■gulung satu kali bersama2 dengan tikar, tapi telunjuk merapihkan nasi dan isi supaya masuk ke dalam seaweed
■gulung terus ke



dalam seaweed, tapi tikarnya hanya untuk penekan kalau seluruh seaweed sudah membentuk gulungan seperti lontong, baru tikarnya dibuat sebagai penggulung untuk menekan roll sushi
■potong ujungnya supaya rapih trus dipotong kecil2

-sushi-
■letakkan nasi ditelapak tangan kiri, tekan2 dengan ibu jari kanan, sampai terbentuk sushi (lihat gambar)
■letakkan isi diatasnya >> salmon, makarel dsb

Penyajian:
Letakkan dipiring, dan dimakan dengan saus kecap Kikkoman, dan kalau suka olesi dengan wasabi dan dapat juga dimakan dengan acar jahe.

 

4 komentar:

  1. impressive post!! I just love salmon sushi as bad as you do. thank you for posting such a simple way to make salmon sushi. keep up great job!! :)

    regards,
    salmon-sushi-lover fellow

    BalasHapus
    Balasan
    1. I know the taste of salmon sushi is one of the best God's secret that comes from heaven :p I know I'm totally messing up with my sushi roll (based on the pic) =_= but for God sake I know how to make it better^^ thank you for visiting!

      Hapus
  2. nice post, gue juga lagi ngebet pengen bikin sushi gitu, apa aja lah. nah sekarang gue kebingungan cari alatnya. itu bambu yg buat gulung sushi namanya apa ya?

    BalasHapus